Home · Artikel · Makalah · LP Askep · ASKEP · SAP · Forum

LIPOMA, GANGLION, ATEROMA, YANG MENJADI BENJOLAN PADA BAGIAN TUBUH APAKAH SAMA ?

Benjolan yang terbentuk pada bagian tubuh kadang cukup mengganggu pada sebagian orang, apalagi benjolan tersebut terbentuk pada beberapa bagian tubuh alias lebih dari atau bahasa medis yang biasa kawan-kawan dengar adalah Multiple Soft Tissue Tumor.



Pada kesempatan ini kami akan membahas berbagai macam benjolan atau tumor jinak yang kadang muncul di berbagai bagian tubuh pada sebagian orang, dan pertanyaannya adalah apakah semua benjolan atau tumor itu sama?

  • LIPOMA
Lipoma merupakan tumor jinak yang terbentuk dari jaringan lemak yang teraba kenyal, memiliki batas yang jelas dan mobile atau mudah digerakan, Lipoma merupakan salah satu jenis benjolan (tumor) jinak yang tidak berbahaya, tidak terasa sakit namun cenderung dirasakan tidak nyaman oleh beberapa penderita, lipoma ini bisa tumbuh dibagian tubuh mana saja dan biasanya ini disebabkan ginetik.

  • GANGLION
Ganglion adalah kista yang terbentuk pada persendian tangan yang berisi cairan, teraba kenyal, tidak sakit dan berfluktuasi karna berisi cairan.

  • ARTEROMA
Arteroma merupakan benjolan atau tumor yang terbentuk dari kelenjar minyak terbendung di kulit, ciri-ciri Arteoma sangat mirip dengan Lipoma, perbedaannya adalah Ateroma ini muncul biasanya dia atas permukaan kulit dan disebabkan cenderung karena bekas jerawat yang infeksi, bekas benturan, bekas pangkal rambut, yang intinya hal tersebut menyebabkan saluran kelenjar keringat tersumbat dan mengakibatkan kelenjar terbendung disana.


referensi :

https://hellosehat.com/sehat/gejala-umum/lipoma

https://www.alodokter.com/komunitas/topic/tumor-multiple



Penyunting : Muhammad Rizki Maulana, A.Md.Kep., CWCCA

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "LIPOMA, GANGLION, ATEROMA, YANG MENJADI BENJOLAN PADA BAGIAN TUBUH APAKAH SAMA ?"

Post a Comment