Home · Artikel · Makalah · LP Askep · ASKEP · SAP · Forum

CARA MENULIS MAKALAH YANG BAIK DAN BENAR

Assalamualaikum kawan sejawat....
pada kesempatan ini admin mencoba berbagi tips dan trik cara menulis/ membuat makalah yang baik dan benar terutama untuk makalah dengan tema kesehatan.
kegiatan menulis/ membuat makalah pasti sering kita jumpai terutama pada siswa SMA hingga jenjang perguruan tinggi. Makalah merupakan salah satu karya tulis ilmiah yang mana bersifat wajib dapat dipertanggungjawabkan yang berarti memiliki isi yang akurat, menyeluruh serta berdasarkan sumber yang dapat dipercaya.



Makalah yang baik haruslah tertata dengan baik, biasanya setiap institusi memiliki pedoman kerangka konsep berbeda-beda untuk hal tatanan naskah penulisan sebuah karya tulis ilmiah seperti makalah, namun pada dasarnya makalah memiliki kerangka yang baku yakni :
  • Judul
    • Judul merupakan bagian awal dari sebuat karya tulis ilmiah, termasuk makalah yang berisikan suatu nama sebuah karya yang mampu menggambarkan keseluruhan isi dari sebuah karya tulis itu sendiri.
  • Pengantar
    • Pada bagian ini penulis menyampaikan kata pengantar tentang hasil karya tulis yang telah dibuat yang biasanya berisikan tentang ucapan terimakasih kepada Tuhan YME, kepada salah satu pihak yang telah membantu penyelesaian karya tulis, serta berisikan kalimat terbuka ketersediaan masukan kritik dan saran guna lebih mnyempurnakan hasil sebuah karya.
  • Daftar Isi
    • Bagian daftar isi merupakan hal yang cukup vital dalam sebuah karya tulis ilmiah termasuk sebuah makalah, daftar isi terkadang dianggap tidak terlalu penting bagi sebagian orang, padahal Daftar isi merupakan hal pertama yang dilihat untuk mencari tahu apakah sebuah karya tulis ilmiah anda baik atau salah, bagi sebagian ahli dengan melihat daftar isi sudah dapat menyimpulkan sebuah karya tulis tersebut memang membahas sebuah masalah secara teoritis atau tidak. Selain itu daftar isi juga dapat diartikan sebagai peta/Maps bagi pembaca karya tulis anda.
  • Pendahuluan
    • Jika anda ingin makalah anda baik, kuncinya adalah pada bagian Pendahuluan wajib anda sajikan fatkta-fakta yang lugas tuntas dan dapat dipertanggungjawabkan, dan tentu saja yang sangat berkaitan dengan judul sebuah makalah yang anda angkat. Misalnya anda angkat judul sebuah makalah "Keluarga Berencana", yang artinya anda harus menguasai tentang fenomena yang terjadi saat ini tentang Keluarga Berencana, akan lebih baik lagi jika anda dapat memaparkan juga fenomena yang terjadi di daerah anda tinggal saat ini.
    • Pada bagian pendahuluan terdapat sub-sub bagian, yaitu :
    1. Latar Belakang : yang berisi admin jelaskan tadi diatas tentang mengapa judul yang anda angkat memang harus diangkat menjadi sebuah karya Makalah seperti pengertian, jenis, penerapannya di Indonesia dan atau di daerah anda
    2. Rumusan Masalah : yang berisi masalah-masalah yang didapat dari paparan latar belakang yang anda tulis diatas, misal dari data latar belakang didapatkan data berupa jenis program KB bermacam macam sehingga masyarakat menjadi kurang paham tentang KB itu sendiri seperti apa, maka Rumusan Masalahnya adalah : 1. Apa saja jenis-jenis Keluarga Berencana yang dapat digunakan; 2. Bagaimana cara penggunaan program Keluarga Berencana dengan berbagai macam alat kontrasepsi
    3. Tujuan : pada bagian ini berisi tentang menjawab Rumusan Masalah di atas dan hal ini pula fokus anda dalam menulis lanjutan makalah ini, dari rumusan masalah di atas, maka tujuan nya adalah : 1. Untuk mengetahui jenis-jenis dari program Keluarga Berencana; 2. Mengetahui cara penggunaan berbagai jenis alat kontraspsi.
  • Isi/Pembahasan
    • Bada bagian ini merupakan bagian yang paling mudah menurut admin, karena bagian tersulit dali membuat makalah sudah terlewati, sebenarnya bagian tersulit dari emmbuat makalah adalah pada bagian Pendahuluan, jika anda sudah selesaikan bagian pendahuluan, maka pada bagian ini pasti anda sudah paham harus berbuat apa, seperti yang admin jelaskan di atas, bagian ini cukup di isi dengan Tujuan makalah yang anda buat, dari contoh diatas  tujuan penulisan makalah ini ada 2, yaitu :
      1. Untuk mengetahui Jenis-jenis Program Keluarga Berencana
      2. Untuk mengetahui cara penggunaan berbagai macam alat kontrasepsi
    • yang pada artinya, pada bagian ini kalian tinggal tulis mengenai :
      • Pengertian dari Program Keluarga Berencana
      • Jenis Program Keluarga Berencana
      • Jenis Alat Kontrasepsi
      • Cara penggunaan Alat Kontrasepsi
    • Tidak perlu bingung, kalian wajib dan harus mengisi ini bukan dari karangan pemikiran kalian, melaikan dari teoritis yang dapat dipertanggungjawabkan alias berdasarkan referensi buku, media cetak, atau pendapat para ahli, dan wajib menyertakan data refenesinya. (mudah bukan??? pada bagian ini sebenarnya kalian hanya copas dan sedikit tambahkan pembahasan kalian jika memang ada masalah yang harus dipecahkan hingga tercapai tujuan yang anda angkat pada bagian pendahuluan di awal)
  • Penutup
    • Gak kerasa udah pada bagian penutup aja nih bro/sis....., pada bagian ini berisi 2 sub bagian yang wajib anda setakan, lagi-lagi ini bagian termasuk cukup mudah juga, karena sudah ada jawabannyan pada bagian Isi/Pembahasan, langsung aja nih ya 2 sub bagian pada penutup adalah :
      1. Kesimpulan : Bagian ini kalian tinggal simpulkan hasil dari bagian Isi/Pembahasan di atas yang menjawab Tujuan dari pembuatan makalah anda, pada contoh ini anda cukup simpulkan 2 kategori yaitu sebutkan jenis-jenis program Keluarga Berencana, kemudian cara-cara penggunaan alat kontrasepsi.
      2. Saran : pada bagian ini anda dapat menyampaikan saran kepada siapa saja yang terkait dengan judul makalah yang anda angkat mengenai masalah yang ada, Misal :
        • Kepada Tenaga Kesehatan : "Dari data yang didapatkan masih banyaknya masyarakat yang kurang paham megenai jenis program dan cara penggunaan alat kontrasepsi, alangkah baiknya penyuluhan kesehatan kepada masyarakat diadakan secara berkala mengenai hal di atas guna meningkatkan pengetahuan seluruh masyarakat secara merata mengenai Keluarga Berencana
        • Kepada Teman-Teman Mahasiswa : Guna meningkatkan pengetahuan tenaga kesehatan agar mempermudah pula cara penyampaian kepada masyarakat hendaknya selalu kita tingkatkan pengetahuan mengenai ilmu kesehatan terutama pada program Keluarga Berencana.
  • Daftar Pustaka
    • Ini adalah bagian terakhir dan yang sangat penting dalam pertanggungjawaban penulis terhadap hasil karyanya, pada bagian ini kalian wajib menulis darimana saja referensi yang kalian dapatkan dalam membuat karya tulis ini, dan tentu saja wajib dari referensi yang terpercaya dan dapat dipertanggung jawabkan, mengenai format penulisan admin coba baca-baca beberapa pedoman penulisan karya ilmiah berbagai kampus ada yang berbeda-beda, jadi saran admin silakan kalian sesuaikan dengan pedoman kaidah penulisan Daftar Pustaka Instansi masing-masing ya...., biar gak salah.....

Selesai........
cukup mudah bukan...????
mau liat contoh makalah lainnya ?
Pada intinya adalah anda berjuang pada bagian awal saja yang admin pikir itu adalah bagian tersulit karena butuh pemikiran yang ekstra dan teliti dalam menemukan sebuah masalah atau rumusan masalah yang akan kalian angkat dalam pembahasan sebuah makalah, untuk selanjutnya kalian tinggal mengikuti alur hingga terpecahkan masalah yang terangkat dari awal.
semoga bermanfaat ya.....!!
 

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "CARA MENULIS MAKALAH YANG BAIK DAN BENAR"

Post a Comment