RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan :
Mata Pelajaran :
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/ Semester : X / 1
Topik : Otonomi
Daerah
Alokasi waktu : 2 X
90 menit (2 kali Pertemuan)
A. Kompetensi Inti :
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama dan kepercayaan yang dianutnya
2.
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta
damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami dan menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural dengan cara mengamati, merasa, menyimak, menanya, mencoba, menalar
berdasar rasa ingintahunya dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar :
3.4 Memahami
hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
4.4 Menyaji hasil
telaah hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun
1945
4.9.1Berinteraksi
dengan teman dan orang lain berdasarkan prinsip saling menghormati, dan
menghargai dalam keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan gender
C. Indikator Pencapaian Program :
1.
Terlibat aktif
dalam pembelajaran
2.
Bekerjasama dalam
kegiatan (diskusi) kelompok
3.
Toleran terhadap
proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
4. Meyajikan hasil diskusi tentang pelaksanaan otonomi daerah di Indonesia
D. Tujuan Pembelajaran :
Dengan kegiatan diskusi kelompok tentangpelaksanaan otonomi daerah di Indonesia,
diharapkan siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggungjawab dalam
menyampaikan pendapat, mmenjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta
dapat :
1.
Memahami pelaksanaan otonomi daerah di
Indonesia
2.
Menganalisis pelaksanaan otonomi daerah menurut
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
3.
Menyampaikan hasil
temuan tentang pelaksanaan otonomi daerah menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
E. Materi Pembelajaran :
Pelaksanaan otonomi daerah di Indonesia
F. Model/Metode Pembelajaran :
Pendekatan pembelajaran adalah Pendekatan saintifik (Mengamati, Menanya,
Mengumpulkan Data, Mengasosiasikan, Mengkomunikasikan),.
Model Pembelajaran : Integratif Learning
Metode : Diskusi “Presentasi” (Pertemuan kedua dan ketiga)
G. Kegiatan Pembelajaran :
1. Pertemuan Pertama
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
1.
Guru memberikan gambaran
tentang pentingnya memahami Hubungan struktural dan fungsional pemerintahan
pusat dan daerah menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun
1945
2.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai
3.
Guru menbagi siswa menjadi
4 (empat) Kelompok, yaitu kelompok A, B, C, dan kelompok D.
4.
Sebagai apersepsi untuk
mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis, siswa dipersilahkan membuka website yang
berkaitan dengan pelaksanaan otonomi daerah di Indonesia
|
10 menit
|
Inti
|
1.
Guru menyajikan pelajaran
dengan membuka cakrawala siswa tentang
pelaksanaan otonomi daerah di Indonesia
2.
Siswa secara berkelompok
diminta mencari dan menganalisis pelaksanaan
otonomi daerah di Indonesia dari website “Internet” melalui IPAD, Notebook,
Handphone dan Media Sosial lainnya
3.
Diskusi dalam kelompok berkaitan dengan pelaksanaan otonomi daerah di Indonesia
|
70 menit
|
Penutup
|
1.
Guru memberikan
penguatan kembali tentang pentingnya pelaksanaan
otonomi daerah yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat
2.
Guru mengakhiri kegatan
belajar dengan memberikan tugas terstruktur kelompok untuk pemaparan hasil
diskusi pada pertemuaan berikutnya
|
10 menit
|
2. Pertemuan Kedua
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
1. Guru membuka pelajaran
2. Persiapan Kelompok yang akan tampil presentasi
|
5 menit
|
Inti
|
Pemaparan
Kelompok A, B, C, dan D dalam bentuk Diskusi Fanel, dimana masing-masing
kelompok diwakili oleh 2 (dua) orang
siswa
ü Pemaparan
Kelompok A
ü Pemaparan
Kelompok B
ü Pemaparan Kelompok
C
ü Pemaparan
Kelompok D
Diskusi dan Tanggapan dari
Anggota Kekompok
|
80 menit
|
Penutup
|
1.
Guru menyimpulkan hasil
diskusi
2.
Guru mengakhiri kegatan
belajar dengan memberikan pesan untuk tetap semangat belajar
|
5 menit
|
H. Alat / Media / Sumber Pembelajaran :
1.
LCD Proyektor
2.
Powerpoint
3.
Modul pembelajaran PPKn Kelas X “Tolib Kasan” SMAN 68
Jakarta Tahun 2013
4.
UUD NRI Tahun 1945
I.
Penilaian hasil Belajar :
- Teknik Penilaian : Tes dan Non Tes
- Prosedur Penilaian : Tes Tertulis dan Pengamatan
Diskusi
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Teknik / Prosedur Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1
|
Sikap
a.
Terlibat aktif dalam
diskusi kelompok
b.
Bekerjasama dalam kegiatan
kelompok
c.
Toleran terhadap proses
pemecahan masalah yang kreatif
d.
Ketepatan dalam
mengumpulkan tugas
|
Pengamatan
|
Selama proses
pembelajaran berlangsung
|
2
|
Pengetahuan
a.
Menjelaskan yang
dimaksud dengan otonomi daaerah
b.
Menjelaskan tentang
Daerah Otonom, Daerah Khusus, Daerah Istimewa dan Daerah dengan Otonomi
Khusus
c.
Menjelaskan
penerapan otonomi daerah di Indonesia menurut UUD NRI tahun 1945
|
Tes
|
Penyelesaian
tugas individu
|
3
|
Ketrampilan
|
Hasil Diskusi
|
Kemampuan
Komunikasi (Presentasi dan Argumentasi)
|
I.
Instrumen Penilaian hasil Belajar (Rubrik Penilaian Terlampir)
1.
Lembar Observasi
2.
Form. Pengamatan Diskusi
3.
Tes Tertulis
Belum ada tanggapan untuk "RPP Otonomi Daerah"
Post a Comment